Selamat Datang di indonesian Hoteliers Middle East

SIFAT PEMIMPIN

 Sifat Pemimpin

Ordway Tead (dalam Kartini Kartono, 1994:38)mengemukakan kemampuan dan sifat pemimpin sebagai berikut:

1. Energi jasmani dan mental, yaitu pemimpin mempunyai daya tahan,keuletan, kekuatan atau tenaga yang istimewa. Demikian jugadidukung dengan semangat juang, motivasi kerja, disiplin, dankesabaran.

2. Kesadaran akan tujuan dan arah, yaitu pemimpin memiliki keyakinanyang teguh akan kebenaran dan kegunaan dari semua perilaku yangdikerjakan pemimpin tahu persis kemana arah yang akan ditujunyadan memberi manfaat bagi dirinya dan kelompok.

3. Antusiasme, yaitu pekerjaan yang dilakukan dan tujuan yang akandicapai membangkitkan, optimisme, dan semangat besar pada pribadi pemimpin maupun anggota kelompok.

4. Keramahan dan kecintaan, yaitu kasih sayang dan dedikasi pemimpin bisa menjadi tenaga penggerak yang positif untuk melakukan perbuatan-perbuatan yang menyenangkan bagi semua pihak. Sedangkan keramahan juga memberikan pengaruh pemimpindalam mencapai tujuan.

5. Integritas, yaitu dengan segala ketulusan hati dan kejujuran, pemimpin memberikan ketauladanan, agar dia patuhi dan diikuti olehanggota kelompoknya.

6. Penguasaan teknis, yaitu pemimpin harus memiliki satu atau beberapa kemahiran teknis tertentu, agar ia mempunyai kewibawaandan kekuasaan untuk memimpin kelompoknya.

7. Ketegasan dalam mengambil keputusan, yaitu mengambil keputusansecara tepat, tegas, dan cepat sebagai hasil dari kearifan dan pengalamannya.

8. Kecerdasan, yaitu kemampuan pemimpin untu melihat danmematuhi dengan baik, mengerti sebab dan akibat kejadian,menemukan hal-hal yang krusial, dan cepat menemukan cara-cara penyelesaiannya dalam waktu yang singkat.

9. Keterampilan mengajar, yaitu pemimpin harus mampu menuntun,mendidik, mengarahkan, mendorong, dan menggerakkan anak buahnya atau anggotanya untuk berbuat sesuatu.

10. Kepercayaan, yaitu bahwa para anggota pasti dipimpin dengan baik,dipengaruhi secara positif dan diarhkan pada sasaran-sasaran yang benar


http://www.scribd.com/doc/22805272/pemimpin-organisasi-sosial

Tidak ada komentar:

Posting Komentar