Selamat Datang di indonesian Hoteliers Middle East

MAKKAH TOUR

JABAL TSUR 

Jabal Tsur, letaknya sekitar 6 kilometer di sebelah selatan Masjidil Haram, di atasnya terdapat goa di mana goa inilah tempat per sembunyian Rasulullah bersama sahabatnya Abu Bakarsiddiq, untuk menghindari kejaran musuh orang-orang kafir Qurais, yg berencana membunuh Rasulullah. 
  
JABAL ROHMAH/ BUKIT KASIH SAYANG 

Jabal Rahmah berada di Arafah, dalam sejarahnya, di bukit tandus inilah Nabi Adam AS dan Siti Hawa dipertemukan oleh Allah SWT setelah 200 tahun mereka diturunkan secara terpisah. Rasa haru dan kasih sayang ini pula yang melatar belakangi pemberian nama Jabal Rahmah. Dalam satu riwayat dikatakan bahwa Jabal Rahmah juga menjadi tempat wahyu yang terakhir diturunkan oleh Allah SWT kepada Rasulullah SAW. Yaitu saat Rasulullah SAW melakukan wukuf. Wahyu terakhir ini adalah Al Quran surat Al Maidah ayat 3. 

AROFAH 

Arafah merupakan tempat yang sangat penting pada ibadah Haji, dimana di Arafah ini jamaah haji harus melakukan Wukuf. Wukuf merupakan rukun Haji dan tanpa melaksanakan Wukuf di Arafah maka hajinya tidak syah. Dan di arofah terdapat masjid besar yg bernama masjid NAMIRAH. waktu itu di ceritakan bahwa Pada tanggal 8 Dzulhijjah, Rasulullah SAW menuju Arofah lewat mina, bermalam di mina hinggal matahari terbit, beiau naik onta menuju arofah dan singgah di tempat yg bernama namirah, akhirny tempat tersebut di bangunlah sebuah masjid yg di beri nama masjid namirah. 

MUZDALIFAH 

Muzdalifah terletak antara Arafah dan Mina. Di Muzdalifah ini jamaah haji bermalam (mabit) dan mengambil 70 atau 49 butir batu kecil untuk persiapan lempar jumroh di Mina. 

MINA 

Selesai melaksanakan Wukuf di Arafah. Jamaah haji ke Mina karena para jamaah haji akan melempar jumroh. Di Mina ini, pada malam hari tidur dan pada siang hari melempar jumroh. Yaitu tanggal 10,11,12 Dzulhijah bagi jamaah haji yang melaksanakan Nafar Awal atau tanggal 10,11,12,13 dzulhijah bagi jamaah yang melaksanakan Nafar Tsani.Untuk tanggal di atas, amalan bermalam dan melempar jumroh merupakan amalan wajib haji. Masjid yg terkenal di mina dgn delapan kubah,adalah masjid Kheef, KHEEF berarti LEMBAH, di ceritakan dari mulut kemulut bahwa di lembah ini terdapat 70 nabi di makamkan disini.

JABAL NUR/ GOA HIRO 

Goa hiro adalah tempat dimana Rasulullah mendapatkan wahyu yang pertama kali melelui malaikat jibril, yaitu surah (Al Alaq : 1-5) Yang artinya: “Bacalah, dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Paling Pemurah, Yang mengajar (manusia) dengan perantaraan kalam. Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.”(QS Al-Alaq: 1-5). 

MASJID JI’RONAH 

Ja’ronah, yaitu sebuah tempat yang letaknya sekitar 16 KM dari kota Makkah. Di sinilah Rasulullah SAW dan para sahabatnya pernah mengambil Miqat Umrohnya. 

MASJID JIN DAN MASJID SYAJAROH 

Masjid jin dan masjid Syajaroh berkaitan dengan mu’jizat Rasulullah SAW, Beliau Rusulullah saw di saat membaca Al-qur’an serombongan Jin yg lewat mendatangi Rasulullah. Para makhluk halus itu minta bukti keNabian Rosulullah SAW sebelum mereka masuk Islam. kemudian Nabi SAW menyuruh pohon untuk mendekatinya setelah itu pohon itu. 

PEMAKAMAN MA’LA 

Jannatul Al-Mualla (makam ma’la), mereka yang dimakamkan disini antara lain : Abdul Muthalib (kakek Nabi Muhammad SAW), Abu Thalib (Pamann Nabi), Siti Khadijah (isteri pertama Nabi), Qasim (putera pertam Nabi yang meninggal saat masih bayi). Di pemakaman ini juga digunakan untuk jamaah haji yang wafat ditanah suci ini. 

RUMAH TEMPAT NABI DI LAHIRKAN 

Rumah yang diceritakan sebagai tempat Rasulullah SAW dilahirkan ini tidak dirawat layaknya situs bersejarah yang ada di Indonesia. Rumah ini dikunci rapat-rapat meskipun di atap rumah ini terdapat tulisan bahwa bangunan ini digunakan sebagai Maktabah atau perpustakaan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar